Pendidikan merupakan pondasi penting dalam membangun generasi berkarakter dan berakhlak. Salah satu lembaga yang telah berkomitmen untuk menyediakan pendidikan berkualitas dalam bidang keislaman adalah Sekolah Tinggi Pendidikan Islam Indonesia (STPII). Didirikan oleh Tarbiyah Sunnah Learning, STPII hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan pendidikan Islam yang holistik dan relevan dengan perkembangan zaman.

Visi dan Misi STPII

STPII memiliki visi untuk “Membangun Generasi Berkarakter Rabbani,” yang berarti menciptakan generasi yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki karakter dan akhlak mulia. Untuk mencapai visi ini, STPII menyelenggarakan program pendidikan yang bermutu dan unggul dengan menanamkan nilai-nilai Islam yang luhur.

Misi STPII antara lain:

  1. Menyelenggarakan Pendidikan Bermutu Yang Berakhlakul Karimah Dalam Membina Dan Mengembangkan Disiplin Ilmu Pendidikan Dan Disiplin Ilmu Agama Dalam Rangka Membangun Generasi Berkarakter Rabbani.
  2. Membina Dan Membangun Karakter Generasi Penuntut Ilmu Sejati Sebagai Pembelajar Sepanjang Hayat.
  3. Menyelenggarakan Layanan Pendidikan, Pengajaran, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, Dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan, Dan Teknologi Yang Berkelanjutan Serta Berkualitas.

Program Studi di STPII

STPII menawarkan berbagai program studi yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pendidikan dan profesionalisme dalam berbagai bidang keislaman. Beberapa program studi unggulan yang ditawarkan antara lain:

  • Pendidikan Bahasa Arab (S1): Program ini bertujuan untuk mencetak lulusan yang mahir dalam bahasa Arab, baik secara lisan maupun tulisan, serta memiliki pemahaman yang mendalam tentang literatur Arab dan keislaman.
  • Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) (segera): Program ini fokus pada pendidikan anak usia dini dengan pendekatan Islami, guna membentuk karakter dan akhlak sejak dini.
  • Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) (segera): Program ini mempersiapkan calon guru yang kompeten untuk mengajar di tingkat madrasah ibtidaiyah dengan kurikulum yang terintegrasi nilai-nilai Islam.
  • Pendidikan Agama Islam (PAI) (segera) : Program ini mengembangkan keahlian dalam pengajaran agama Islam, baik secara teori maupun praktek, untuk berbagai jenjang pendidikan.

Keunggulan STPII

STPII tidak hanya menawarkan kurikulum yang kaya akan nilai-nilai Islam, tetapi juga metode pengajaran yang inovatif. Salah satu keunggulan STPII adalah penggunaan teknologi dalam proses belajar mengajar. Dengan memanfaatkan Learning Management System (LMS), STPII memberikan fleksibilitas bagi mahasiswa untuk belajar secara daring (online), sehingga memudahkan mereka yang memiliki keterbatasan waktu dan lokasi.

Selain itu, STPII juga memiliki tenaga pengajar yang kompeten dan berpengalaman di bidangnya. Para dosen di STPII tidak hanya memiliki kualifikasi akademik yang tinggi, tetapi juga memiliki komitmen untuk mendidik dengan penuh dedikasi dan keikhlasan.

Kerjasama dan Kolaborasi

Untuk mendukung visi dan misinya, STPII aktif menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan, baik di dalam maupun luar negeri. Kolaborasi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Dengan adanya kerjasama ini, mahasiswa STPII memiliki kesempatan untuk mengikuti program pertukaran pelajar, magang, serta berbagai kegiatan akademik dan non-akademik lainnya.

Kesimpulan

Sekolah Tinggi Pendidikan Islam Indonesia (STPII) yang didirikan oleh Tarbiyah Sunnah Learning merupakan wujud nyata dari komitmen untuk menyediakan pendidikan Islam yang berkualitas. Dengan visi “Membangun Generasi Berkarakter Rabbani,” STPII hadir untuk mencetak lulusan yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga berakhlak mulia dan mampu berkontribusi positif dalam masyarakat. Program studi yang beragam, metode pengajaran yang inovatif, serta kerjasama dengan berbagai lembaga menjadi keunggulan STPII dalam mencapai tujuannya. Bergabunglah dengan STPII dan menjadi bagian dari generasi berkarakter rabbani yang siap menyongsong masa depan.