Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (S1)

Merupakan sebuah program akademik yang dirancang untuk menghasilkan tenaga pendidik yang ahli dan kompeten dalam mengajarkan Bahasa Arab. Disiplin ilmu ini memfokuskan pada penguasaan empat keterampilan dasar berbahasa yang esensial: keterampilan menyimak (maharah al-istima’), keterampilan berbicara (maharah al-kalam), keterampilan membaca (maharah al-qira’ah), dan keterampilan menulis (maharah al-kitabah). Selain itu, karena program studi ini berbasis pendidikan, kurikulum juga mencakup berbagai aspek pendidikan yang relevan untuk membentuk lulusan yang siap menjadi pendidik Bahasa Arab yang profesional dan berkualitas.

Keterampilan Dasar Berbahasa

1. Keterampilan Menyimak (Maharah Al-Istima’)

Keterampilan menyimak adalah fondasi utama dalam pembelajaran bahasa dan sangat penting bagi seorang pendidik. Dalam program ini, mahasiswa akan diajarkan untuk mendengarkan dan memahami percakapan, cerita, serta materi lisan lainnya dalam Bahasa Arab. Kemampuan ini tidak hanya berguna untuk memahami bahasa secara keseluruhan, tetapi juga untuk mengajarkan siswa bagaimana menyimak secara efektif, mengenali bunyi dan makna dalam konteks komunikasi sehari-hari maupun akademik.

2. Keterampilan Berbicara (Maharah Al-Kalam)

Keterampilan berbicara memungkinkan mahasiswa untuk mengekspresikan pikiran dan ide mereka dengan jelas dan tepat dalam Bahasa Arab. Program ini menekankan pentingnya latihan berbicara dalam situasi nyata melalui dialog, diskusi, dan presentasi. Mahasiswa akan belajar bagaimana menjadi model berbicara yang baik, yang dapat mengajarkan siswa untuk berkomunikasi secara efektif dan dengan percaya diri dalam berbagai situasi.

3. Keterampilan Membaca (Maharah Al-Qira’ah)

Keterampilan membaca sangat penting bagi seorang pendidik untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan literasi mereka dalam Bahasa Arab. Mahasiswa akan dilatih untuk membaca dan memahami teks-teks dari berbagai jenis, termasuk literatur klasik dan kontemporer, artikel, dan dokumen akademik. Kemampuan ini memungkinkan mereka untuk mengajarkan siswa teknik membaca yang baik, serta kemampuan untuk memahami dan menganalisis teks dengan kritis.

4. Keterampilan Menulis (Maharah Al-Kitabah)

Keterampilan menulis adalah kemampuan untuk mengekspresikan ide dan informasi secara tertulis dengan cara yang jelas dan terstruktur. Program ini memberikan latihan intensif dalam menulis berbagai jenis teks, seperti esai, laporan, dan artikel akademik. Mahasiswa akan belajar bagaimana mengajarkan siswa menulis dengan baik, termasuk penggunaan tata bahasa yang benar, pengembangan argumen, dan penyusunan teks yang koheren.

Aspek Pendidikan dalam Pembelajaran Bahasa Arab

Sebagai program studi yang berorientasi pada pendidikan, Pendidikan Bahasa Arab (S1) tidak hanya berfokus pada penguasaan bahasa, tetapi juga mencakup berbagai aspek pendidikan yang diperlukan untuk menjadi pendidik yang efektif. Beberapa aspek penting yang dibahas meliputi:

1. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab

Program ini mencakup berbagai metode pengajaran Bahasa Arab yang efektif, termasuk pendekatan komunikatif, berbasis tugas, dan berbasis literasi. Mahasiswa akan mempelajari cara merancang materi pengajaran, mengelola kelas, dan memanfaatkan teknologi untuk mendukung pembelajaran. Metodologi ini penting untuk membantu siswa belajar Bahasa Arab dengan cara yang interaktif dan menyenangkan.

2. Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab

Mahasiswa akan belajar bagaimana mengembangkan kurikulum Bahasa Arab yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan siswa. Ini termasuk merancang silabus, memilih bahan ajar yang tepat, dan menilai keberhasilan program pengajaran. Kemampuan ini penting untuk menciptakan pengalaman belajar yang kaya dan bermanfaat bagi siswa.

3. Penilaian dan Evaluasi Pendidikan

Program ini juga mencakup teknik penilaian dan evaluasi yang digunakan untuk mengukur kompetensi siswa dalam Bahasa Arab. Mahasiswa akan belajar bagaimana mengembangkan alat evaluasi yang tepat, seperti ujian lisan, tes tertulis, dan penilaian proyek. Evaluasi yang baik akan membantu dalam menilai kemajuan siswa dan memberikan umpan balik yang konstruktif untuk perbaikan.

4. Psikologi Pendidikan dan Manajemen Kelas

Pemahaman tentang psikologi pendidikan membantu mahasiswa memahami bagaimana siswa belajar dan berkembang. Mereka akan mempelajari teori-teori pembelajaran dan faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar. Selain itu, manajemen kelas yang efektif akan diajarkan untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mengatasi masalah yang mungkin timbul di kelas.

5. Inovasi dalam Pengajaran Bahasa

Program ini juga mendorong inovasi dalam pengajaran Bahasa Arab, termasuk penggunaan teknologi modern seperti aplikasi pembelajaran bahasa dan alat bantu multimedia. Mahasiswa akan belajar bagaimana memanfaatkan teknologi ini untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan membuat pembelajaran lebih efektif dan menarik.

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (S1) adalah pilihan yang tepat bagi mereka yang memiliki minat dalam bahasa dan pendidikan. Program ini tidak hanya memberikan pemahaman yang mendalam tentang Bahasa Arab, tetapi juga membekali mahasiswa dengan keterampilan pedagogis yang diperlukan untuk menjadi pendidik yang efektif. Dengan kurikulum yang dirancang untuk mengembangkan kemampuan bahasa dan aspek pendidikan, lulusan program ini siap untuk menghadapi tantangan dan peluang dalam dunia pendidikan Bahasa Arab.

 

VISI MISI

Visi

Menjadi Program Studi Sarjana Pendidikan Bahasa Arab unggulan di bidang pendidikan Bahasa Arab yang mampu berkontribusi dalam pengembangan teknologi pembelajaran Bahasa Arab dan pembangunan Generasi Unggul berkarakter Rabbani.

Misi

  1. Melaksanakan kegiatan Tridharma yang bermutu di bidang Pendidikan Bahasa Arab dan relevan dengan tantangan nasional dan global.
  2. Menghasilkan lulusan sarjana Pendidikan Bahasa Arab yang bertaqwa, berkualitas, berintegras, beradab dan memiliki kepekaan sosial serta mampu bersaing di tingkat nasional dan global.
  3. Menyelenggarakan manajemen Program Studi Pendidikan Bahasa Arab yang berorientasi pada mutu dan akuntabilitas untuk mendukung visi misi Lembaga.

Pengembangan Profesional sebagai Pendidik Bahasa Arab

Lulusan dari program ini dipersiapkan untuk menjadi pendidik Bahasa Arab yang kompeten dan inovatif. Mereka akan memiliki kemampuan untuk mengajar di berbagai tingkatan pendidikan, mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Selain itu, lulusan juga dapat berkontribusi dalam pengembangan materi ajar, penelitian pendidikan, dan pengembangan kebijakan pendidikan Bahasa Arab.

Kesempatan Karir

Beberapa karir yang dapat dijalani oleh lulusan meliputi:

  • Guru Bahasa Arab: Mengajar Bahasa Arab di sekolah, madrasah, dan perguruan tinggi.
  • Pengembang Kurikulum: Membantu dalam merancang dan mengembangkan kurikulum serta bahan ajar yang inovatif.
  • Peneliti Pendidikan Bahasa Arab: Melakukan penelitian di bidang pengajaran Bahasa Arab dan mengembangkan metode pengajaran yang lebih efektif.
  • Konsultan Pendidikan: Memberikan konsultasi kepada institusi pendidikan mengenai pengembangan program dan kurikulum Bahasa Arab.
  • Editor dan Penerjemah: Bekerja dalam penerbitan atau lembaga penerjemahan untuk mengedit dan menerjemahkan teks-teks Bahasa Arab.

Profil Lulusan

Sarjana pendidikan bahasa arab mampu memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab baik sebagai pendidik, asisten peneliti, maupun sebagai Instruktur Bahasa Arab serta senantiasa berpegang teguh pada nilai-nilai keislaman sesuai dengan pemahaman salafus shaleh

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran Sikap

Lulusan program sarjana Pendidikan Bahasa Arab wajib menguasai aspek sikap yang meliputi:

  1. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
  2. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
  3. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  4. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap Masyarakat dan lingkungan.
  5. Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik.
  6. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  7. Memahami dirinya secara utuh sebagai Sarjana Pendidikan.
  8. Memiliki integritas akademik, antara lain kemampuan memahami arti plagiarisme, jenis-jenisnya dan Upaya pencegahannya serta konsekuensinya apabila melakukan plagiarisme.
  9. Bersikap inklusif, bertindak objektif dan tidak diskriminatif berdasarkan pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga dan status sosial ekonomi.

Capaian Pembelajaran Pengetahuan

Lulusan program sarjana Pendidikan Bahasa Arab wajib menguasai aspek pengetahuan yang meliputi:

  1. Menguasai pengetahuan tentang filsafat Pancasila, kewarganegaraaan, wawasan kebangsaan (nasionalisme), dan globalisasi.
  2. Menguasai pengetahuan dan Langkah-langkah dalam menyampaika gagasan ilmiah secara lisan dan tertulis dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja.
  3. Menguasai pengetahuan dan Langkah-langkah berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan dengan menggunakan Bahasa Arab dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja.
  4. Menguasai pengetahuan dan Langkah-langkah dalam mengembangkan pemikiran kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada Tingkat individual dan kelompok.
  5. Menguasai pengetahuan dasar-dasar keislaman sebagai agama rahmatan lil’alamin.
  6. Menguasai pengetahuan dan Langkah-langkah integrasi keilmuan (agama dan sains) sebagai paradigma keilmuan.
  7. Menguasai Langkah-langkah mengidentifikasi ragam Upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika islam, keilmuan, professional, lokal, nasional dan global.
  8. Menguasai secara mandala karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran.
  9. Memberikan layanan pembelajaran Bahasa Arab yang mendidik kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya.
  10. Memfasilitasi pengembangan potensi kebahasaan peserta didik secara optimal.
  11. Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural, psikologis, dan empiris dalam penyelenggaraan Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Arab.
  12. Menguasai konsep, instrumentasi dan praksis psikologi Pendidikan dan bimbingan sebagai bagian dari tugas pembelajaran Bahasa Arab.
  13. Menguasai teori belajar dan pembelajaran Bahasa Arab.
  14. Memilih secara akurat pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran Bahasa Arab.
  15. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaan pembelajaran, penyelenggaraan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran Bahasa Arab.
  16. Memperbaiki dan/atau meningkatkan kualitas pembelajaran berdasarkan penilaian proses dan penilaian hasil belajar Bahasa Arab.
  17. Menguasai tujuan, isi, pengalaman belajar dan penilaian dalam kurikulum satuan Pendidikan pada mata Pelajaran Bahasa Arab.
  18. Melakukan pendalaman bidang kajian Bahasa Arab sesuai dengan lingkungan dan perkembangan jaman.
  19. Menguasai integritas teknologi, pedagogi, muatan keilmuan dan/atau keahlian serta komunikasi dalam pembelajaran Bahasa Arab.
  20. Mengembangkan kurikulum untuk mata Pelajaran Bahasa Arab sesuai dengan bidang tugas dan mengelola kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
  21. Menguasai konsep, metodekeilmuan, substansi materi, struktur dan pola pkir keilmuan Bahasa Arab.
  22. Menguasai teori kewirausahaan dalam Pendidikan dalam kerangka pengembangan pembelajaran Bahasa Arab yang kreatif dan inovatif.

Capaian Pembelajaran Keterampilan Umum

Lulusan Program Sarjana Pendidikan Bahasa Arab wajib memiliki keterampilan umum sebagai berikut.

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan Solusi, gagasa, desain atau kritik seni.
  4. Menyusun deskripsi saintifik, hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  5. Mampu mengambil Keputusan secara tepat dalam konteks penjelasan masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  6. Mampu memelihara dn mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  7. Mampu bertanggungjawab atasu pencapaian hasil kerja kelompok melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan dan menemukan Kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
  10. Menunjukkan kemampuan literasi informasi media dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan keilmuan dan kemampuan kerja.
  11. Mampu berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan Bahasa Arab dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja.
  12. Mampu berkolaborasi dalam tim, menunjukkan kemampuan kreatif, inovatif, berpikir kritis, dan pemecahan masalah dalam pengembangan keilmuan dan pelaksanaan tugas di dunia kerja.

Capaian Pembelajaran Keterampilan Khusus

Lulusan program sarjana Pendidikan Bahasa Arab wajib memiliki keterampilan khusus sebagai berikut.

  1. Mampu mengembangkan kurikulum mata Pelajaran Bahasa Arab di sekolah/madrasah sesuai dengan prosedur dan prinsip-prinsip dalam pengembangan kurikulum.
  2. Mampu menyelenggarakan pembelajaran Bahasa Arab yang mendidik di sekolah/madrasah.
  3. Mampu memnfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan berdaya guna untuk pembelajaran Bahasa Arab di sekolah/madrasah.
  4. Mampu memfasilitasi pengembangan potensi kebahaasaan peserta didik untuk mengaktualisasikan kemampuan dan keterampilan berbahasa Arab dalam kehidupan nyata di sekolah/madrasah dan di masyarakat.
  5. Mmpu berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dalam pelaksanaan tugas pembelajaran Bahasa Arab di sekolah/madrasah. Di komunitas akademik dan di masyarakat.
  6. Mampu melaksanakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran Bahasa Arab secara tepat, serta mampu memanfaatkannya untuk keperluan pembelajaran.
  7. Mampu melakukan Tindakan reflektif dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk peningkatan kualitas pembelajaran Bahasa Arab.
  8. Mampu mengembangkan keilmuan dan keprofesian secara berkelanjutan, mandiri maupun kolektif dalam kerangka meujudkan diri sebagai pendidik sejati dan pembelajar.
  9. Mampu menghafal dan memahami ayat-ayat dan hadis-hadis Pendidikan dan kebahaaan.
  10. Mampu melaksanakan Tindakan reflektif berdasarkan prosedur dan metodologi penelitian ilmiah untuk peningkatan kualitas pembelajaran Bahasa Arab di sekolah/madrasah.
  11. Mampu menerapkan langkah-langkah pengembangan keilmuan dan keprofesian secara berkelanjutan, mandiri maupun kolektif dalam kerangka mujudkan diri sebagai pendidik Bahasa Arab yang pembelajar.

Mata Kuliah

SEMESTER 1
MK MAHAD SKS
BAHASA ARAB 11
HIFDZUL QURAN I 2
ADAB ISLAMIYYAH 3
MPKT A 3
SOSIOLOGI PENDIDIKAN 2
Jumlah SKS 21

 

SEMESTER 2
MK MAHAD SKS
FIKIH I 3
SHOROF I 3
NAHWU I 3
HADITS I 3
HIFDZUL QURAN II 2
TAUHID I 3
MPKT B 3
BIMBINGAN KONSELING 2
Jumlah SKS 22

 

SEMESTER 3
MK MAHAD SKS
TAUHID II 3
FIKIH II 2
HADITS II 2
SHOROF II 3
HIFDZUL QURAN III 2
NAHWU II 3
LANDASAN PENDIDIKAN ISLAM 3
BAHASA INGGRIS 2
Jumlah SKS 20

 

SEMESTER 4
MK MAHAD SKS
USHUL TAFSIR 3
USHUL FIKIH 3
MUSHTHALAH HADITS 3
QAWAID FIQHIYYAH 3
HIFDZUL QURAN IV 2
FIKIH 3 3
PSIKOLOGI PENDIDIKAN 3
Jumlah SKS 20

 

SEMESTER 5
MK MAHAD SKS
BALAGHAH I 3
TARIKH ADAB WA AL-NUSHUSH 3
QIROATUL KUTUB 3
TAMMIYAT AL-MUFRADAT 2
STATISTIK PENDIDIKAN 3
ETIKA PROFESI KEGURUAN 2
KEWIRAUSAHAAN 3
Jumlah SKS 19

 

SEMESTER 6
MK MAHAD SKS
TARJAMAH AL-WATSAIQ 2
BALAGHAH II 3
MATERI BAHASA ARAB MI DAN MTS 2
MATERI BAHASA ARAB DI MA 2
EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB 2
PENGEMBANGAN KURIKULUM 2
MICRO TEACHING 3
METODOLOGI PENELITIAN 2
Jumlah SKS 18

 

SEMESTER 7
MK MAHAD SKS
TARIKH AL ADAB AL-ARABY 3
TQM 3
AL-IBARAH AL-ISTILAHIYAN 3
PLP 4
KKN 4
Jumlah SKS 17

 

SEMESTER 8
MK MAHAD SKS
SKRIPSI 6
Jumlah SKS 6

Proses Pembelajaran

  1. Penyelenggaraan Pembelajaran
    • Penyelenggaraan pembelajaran mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Kerangka kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), serta Pedoman Pembelajaran dan Penilaian pada Pendidikan Tinggi ……
    • Penyelenggaraan pembelajaran berbasis pada paradigma kesatuan ilmu pengetahuan (unity of sciences) dalam rangka berkontribusi pada pengembangan kemanusiaan dan peradaban.
  2. Beban Belajar
    • Beban belajar dinyatakan dalam besaran satuan kreadit semester (sks)
    • Satuan kredit semester adalah takaran waktu kegiatan belajar yang dibebankan kepada para mahasiswa per pekan per semester dalam proses pembelajaran melalui berbagai bentuk pembelajaran atau besarnya pengakuan atas keberhasilan usaha mahasiswa dalam mengikuti kegiatan kurikuler di suatu Program Studi.
    • Semester merupakan satuan waktu proses pembelajaran efektif selama paling sedikit 16 minggu termasuk Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester.
    • Bentuk pembelajaran 1 (satu) sks pada proses pembelajaran berupa kuliah,responsi, dan tutorial, mencakup:
      • Kegiatan sinkronus/asinkronusi 50 (lima puluh) menit per pekan per semester;
      • Kegiatan belajar dengan penugasan tersktruktur 60 (enam puluh) menit per pekan per semester.
      • Kegiatan belajar mandiri 60 (enam puluh) menit per pekan per semester.
    • Bentuk pembelajaran 1 (satu) sks pada bentuk seminara atau bentuk pembelajaran lain yang sejenis, mencakup:
      • Kegiatan belajar tatap muka 100 (seratus) menit per pekan per semester;
      • Kegiatan belajar mandiri 60 (enam puluh) menit per pekan per semester.
    • Bentuk pembelajaran 1 (satu) sks pada bentuk pembelajaran praktikum, praktik lapangan, penelitian, pengabdian kepada Masyarakat, dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara adalah 170 (serratus tujuh puluh) menit per pekan per semester.
  1. Beban dan Masa Studi

Beban SKS dan masa studi mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab TSL adalah minimal 144 sks ditempuh dengan masa studi paling lama 14 semester.

  1. Bentuk Pembelajaran
  • Bentuk pembelajaran meliputi:
    • Kuliah;
    • Responsi dan tutorial;
    • Seminar;
    • Praktikum, praktik lapangan, praktik kerja;
    • Penelitian, perancangan atau pengembangan;
    • Pertukaran Pelajaran;
    • Magang;
    • Wirausaha; dan/atau
    • Bentuk lain pengabdian kepada Masyarakat.
  • Pelaksanaan pembelajaran dapat dilakukan di dalam Program Studi dan di luar Program Studi.
  • Pelaksanaan Pembelajaran diluar Program Studi merupakan proses pembelajaran yang terdiri atas:
    • Pembelajaran dalam Program Studi lain pada Fakultas yang sama;
    • Pembelajaran dalam Program Studi lain pada Perguruan Tinggi yang sama;
    • Pembelajaran pada Lembaga non Perguruan Tinggi.
  • Proses Pembelajaran di luar Program Studi dilaksanakan berdasarkan perjanjian Kerjasama antara Perguruan Tinggi dengan Perguruan Tinggi atau Lembaga lain yang terkait dan hasil kuliah diakui melalui mekanisme transfer Satuan Kredit Semester.
  • Proses pembelajaran di luar Program Studi merupakan kegiatan dalam program yang dapat ditentukan oleh Menteri dan/atau Rektor.
  • Proses pembelajaran di luar Program Studi dilaksanakan di bawah bimbingan dosen dan atas persetujuan Ketua Program Studi.

Pengajar

Dr. Muhammad Bisri Mustofa, S.Pd, M.Si.
Dr. Muhammad Bisri Mustofa, S.Pd, M.Si.Pengajar
S1 UPI, S2 dan S3 ITB
Azis Faturrahman, Lc., M.S.I.
Azis Faturrahman, Lc., M.S.I.Pengajar
S1 : , S2 UIN
Yahya Nursidik, S.Pd., MT.
Yahya Nursidik, S.Pd., MT.Pengajar
S1 UPI dan
S2 ITB
Mohamad Toriqul Huda, S.Ag, M.S.I
Mohamad Toriqul Huda, S.Ag, M.S.IPengajar
(Alumni S1 STDI Imam Syafi’i Jember, Prodi Ilmu Hadits, Alumni S2 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir
Ketua Program BID dan Ma’had Online TSL)
Dindin Komarudi, S.Ag.
Dindin Komarudi, S.Ag.Pengajar
(Alumni S1 STIQ Zad Cianjur, Prodi Al-Quran dan Tafsir
Pengajar Diniyyah Dan Al-Quran Di SMA Zad, Cianjur
Fauzan Fajrin, S.Ag.
Fauzan Fajrin, S.Ag.Pengajar
(Alumni S1 STDI Imam Syafi’i Jember, Prodi Ilmu Hadits
Pengajar Diniyyah Di Ma’had Imam Bonjol Al-islami, Majalengka)
Ali Riyadi, S.Ag., M.H
Ali Riyadi, S.Ag., M.HPengajar
(Alumni S1 STDI Imam Syafi’i Jember, Prodi Ilmu Hadits, Alumni S2 UIN Salatiga, Prodi Hukum Keluarga
Pengajar Diniyah Di Ponpes Al-Ukhuwah, Sidoarjo)
Muhammad Imran, S.Ag.
Muhammad Imran, S.Ag.Pengajar
(Alumni S1 STDI Imam Syafi’i Jember, Prodi Ilmu Hadits
Kepala SMA Di Ma’had Menara Al-Quran, Temanggung)
Ahmad Zainuddin, S.Ag.
Ahmad Zainuddin, S.Ag.Pengajar
(Alumni S1 STDI Imam Syafi’i Jember, Prodi Ilmu Hadits, Mahasiswa S2 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prodi Ilmu Hadits
Pengajar Diniyyah Di Ma’had Fiwa, Bogor)
Suyadi, S.Ag.
Suyadi, S.Ag.Pengajar
(Alumni S1 STDI Imam Syafi’i Jember, Prodi Hukum Keluarga
Pengajar Diniyah Di Ponpes Al-Qur’an Hishnul Muslim, Sragen)
Ahmad Sofyan, Lc
Ahmad Sofyan, LcPengajar
(Alumni S1 Lipia Jakarta, Prodi Syari’ah Islamiyah, Mahasiswa S2 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prodi Syari’ah Islamiyah
Pengajar Diniyyah Di Ma’had Fiwa, Bogor)
Muhammad Faisal Hasammudin, S.H
Muhammad Faisal Hasammudin, S.HPengajar
(Alumni S1 STDI Imam Syafi’i Jember, Prodi Hukum Keluarga
Pengajar Diniyah Di Ponpes Al-Hunafa, Bekasi)